MAU Tau..? Bagaimana Caranya Liburan Murah Keliling Dunia A La Crew Kapal Pesiar?

Sebagai crew kapal pesiar di salah satu perusahaan pelayaran besar dunia, Holand America Line. Saya selalu bersyukur, karena selain mendapatkan gaji yang boleh dibilang cukup untuk keluarga kecil saya. Saya juga bisa melakukan sesuatu yang saya suka. Bahkan saya yakin orang lain pun ingin melakukannya, yaitu liburan murah keliling dunia.

Ya, dengan bekerja sebagai crew kapal pesiar, yang mengangkut dan mengantar para penumpang ke tempat-tempat wisata yang sangat bagus dan indah. Crew juga bisa melakukan hal yang sama seperti penumpang kapal, dengan jalan-jalan di setiap negara yang kami singgahi. Kegiatan tersebut lebih familiar bagi kami dengan sebutan “go ashore”.

Siapa saja boleh go ashore atau jalan-jalan, selama mendapatkan ijin dari supervisornya masing-masing atau pekerjaannya sudah selesai. Seperti yang sering saya lakukan bersama teman-teman begitu pekerjaan selesai atau saat kapal berangkat malam. Kesempatan tersebut tidak akan kami sia-siakan.

“Kapan lagi bisa nginjakkin kaki sambil “buang gas” di negara orang”.

Selain karena kami diperbolehkan untuk go ashore, juga karena go ashore tidak mesti keluar uang banyak, khususnya saat akhir bulan. Yang lebih penting lagi, dengan jalan-jalan bisa menghindarkan kami dari mengalami stress.

Bagaimana bisa, berwisata di luar negeri tapi tetap murah? Berikut yang biasa saya lakukan saat go ashore agar tetap bisa liburan murah keliling dunia dengan budget  ala kadarnya.

Internetan Pakai Free Wifi

Liburan murah keliling duniaa
Gak pa pa gratis juga yang penting bisa nelp istri Broo

Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang yang melek teknologi, tidak terkecuali crew kapal pesiar seperti saya. Bagaimana tidak? Dengan adanya internet, saya bisa tahu kabar keluarga di rumah melalui BBM ataupun Whatsapp, baca berita yang sedang menjadi trend di Indonesia, bisa update status atau pamer foto selfi saya di facebook dan tweeter. Bahkan, dengan adanya internet saya masih bisa mengobrol dengan mantan pacar.

“Istriku tersayang jangan marah ya… Kamu kan mantan pacar aku, iya kamu…”.

Oleh karena itu, agar saya bisa tetap menjaga hubungan harmonis dengan keluarga maupun teman di rumah, juga bisa wisata keliling dunia namun tetap murah, internetan pakai free wifi merupakan cara menghemat pengeluaran yang cocok buat crew kapal pesiar seperti saya.

Menikmati Pemandangan Alam Sekitar Dengan Jalan Kaki

Liburan murah keliling dunia 4
Jalan kaki yukk biar sehat!

Selain internetan pakai free wifi, menikmati pemandangan yang indah dan eksotis di luar negeri dengan berjalan kaki, biasa saya lakukan saat go ashore atau wisata murah namun tetap asik. Seperti saat go ashore di negara-negara Eropa (Belanda, Jerman, Rusia, Norwegia, Yunani, Italia Swedia, Denmark, Spanyol, Turki, dll). Liburan murah keliling dunia tersebut biasanya saya lakukan bersama teman-teman. Karena kalau saya sendirian, siapa dong yang akan menjadi forografer saya ? heee..

Karena disana pemandangan alam dan bangunannya sangat instagramable. Go ashore dengan berjalan kaki sangat menyenangkan. Saya dan teman-teman tidak pernah lepas dari kamera atau smartphone. Jadi, berfoto selfi pun tidak pernah kami lewatkan. Selain agar bisa selfi di depan bangunan-bangunan Eropa yang indah dan megah, dengan berjalan kaki saya berharap bisa berpapasan dengan wanita Eropa yang cantik nan seksi. Dengan berjalan kaki pula, berarti saya menjaga tubuh agar tetap sehat secara jasmani maupun rohani, betul?

Go Ashore Sambil Bersepeda Ria

Cara berikutnya yang biasa saya lakukan agar tetap bisa liburan di luar negeri dengan murah meriah yaitu dengan bersepeda. Meskipun saya bukan anggota “gowes” salah satu komunitas bike to work, tapi tidak menurunkan niat saya untuk menikmati keindahan negara orang lain dengan bersepeda. Seperti yang saya lakukan bersama teman-teman di Victoria, Canada.

Liburan murah keliling dunia 3
Foto bareng di taman gedung parlement di Victoria, Canada

Disana kami berkeliling kota Victoria dengan sangat antusias. Begitu menemukan tempat yang bagus untuk berpose a la model profesional, kami pun berhenti sejenak. Ya, sekalian merenggangkan otot yang sudah mulai tegang setelah mengayuh sepeda yang kami pinjam dari perusahaan kami bekerja.

Meskipun tujuan awal go ashore atau jalan-jalan adalah cuma berkeliling melihat hal baru. Adakalanya kita ingin berbelanja.

Kalau Mau Belanja, Beli Yang Harganya Murah

Kegiatan yang satu ini bukan saja menjadi milik kaum Hawa. Namun, kaum Adam pun tidak mau ketinggalan. Ya, itulah belanja. Namun agar tetap bisa liburan murah keliling dunia. Maka, belanja pun harus yang harganya murah. Entah itu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk dijadikan hadiah untuk yang terkasih. Seperti yang biasa para pelaut lakukan saat jalan-jalan atau go ashore.

Biasanya pada saat go ashore kami akan menyempatkan waktu untuk mampir ke mall atau toko suvenir. Toko-toko tersebut biasanya menjual baju, kaos, jaket, sepatu, tas, kaca mata, topi dan aneka macam suvenir lainnya.

Liburan murah keliling dunia suvenir
Yang sedang mencari suvenir buat oleh-oleh, silahkan….

Selain karena disana harganya murah, pelayanannya pun sangat ramah. Terkadang kami pun diberi harga khusus crew. Yaitu dengan diberikan potongan harga atau special diskon. Terus seandainya tidak ada diskon, apa yang harus dilakukan?

Tenang saja, jika mereka tidak memberikan diskon kepada crew, kami masih bisa mencari alternatif lain. Yaitu dengan berburu barang-barang seken yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan barang baru.

Liburan Murah Keliling Dunia Sambil Berburu Barang-Barang Seken

Kegiatan lainnya dalam rangka liburan murah keliling dunia adalah berburu barang-barang “second hand”.

Liburan murah keliling dunia value
Pemburu barang-barang seken di Victoria Canada

Jika di toko suvenir tidak menemukan yang cocok dengan kondisi dompet. Kami tidak malu untuk berburu di mall yang khusus menjual barang-barang seken. Seperti di Value Village, Victoria, Canada. Barang-barang yang dijual disana diantaranya : jaket, sweter, kemeja, kaos, rompi, topi, sarung tangan, sepatu, sandal, dan masih banyak lagi. Bahkan, saya pernah liat ada sarung tangan tinju. Sayangnya, tidak dijual sepasang akhirnya saya tidak jadi beli deh…

Harga barang-barang seken di Value Village berkisar antara $3 – $25 per item. Tergantung dari kondisi barangnya. Karena yang dijual adalah barang-barang seken atau bekas, maka kami harus pintar memilih.

Akses kesana pun cukup mudah. Kami bisa menggunakan shuttle bus dengan ongkos $5 per crew pulang-pergi dari pelabuhan ke Public Place. Atau bisa juga menggunakan sepeda yang kita pinjam dari Crew Office tadi.

Kalau tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak. Karena harus bayar ongkos bus atau taksi dan barang belanjaan, jangan khawatir. Karena masih bisa belanja di toko suvenir yang jaraknya tidak jauh dari pier.

Belanja Suvenir Di Toko Yang Dekat Dengan Pier

Liburan murah keliling duniaX
Gak usah yang jauh kalau sekedar cari suvenir Broo

Meskipun belanja bukan tujuan awal go ashore. Tapi, jangan lantas tidak bawa dompet. Karena biasanya begitu melihat barang bagus yang tidak ada di Indonesia atau mungkin ada tapi kualitasnya kurang bagus, tangan kita akan gatal untuk membelinya. Oleh karena alasan tersebut, bawa dompet setiap kali go ashore merupakan suatu keharusan. Asalkan jangan diisi uang berlebih untuk menghindari belanja besar-besaran.

Kan sedang liburan murah keliling dunia!

Dan dalam rangka menghemat pengeluaran serta agar masuk dalam tema liburan keliling dunia yang murah meriah. Maka berbelanja suvenir di toko yang lebih dekat dengan pier adalah langkah yang sangat tepat. Selain tidak perlu keluar biaya ongkos bus atau taksi, akses kesana pun cukup dengan berjalan kaki.

Jadi, cukup hemat bukan?

Go Ashore Jika Ada Free Shuttle Busnya

Agar masih bisa keliling dunia tapi tetap murah. Jangan go ashore jika tidak ada free shuttle busnya. Misalnya saat di Ketchikan, Alaska. Untuk menuju ke Walmart, kita bisa menggunakan jasa free shuttle bus yang sudah disiapkan untuk menjemput para calon customer Walmart. Dengan menggunakan free shuttle bus kita masih bisa liburan murah keliling dunia, betul? Dengan begitu kita hanya perlu membawa uang untuk keperluan belanja saja.

Tapi, jika terpaksa harus pakai taksi…..

Pakai Taksi Juga Boleh, Asal Ongkosnya Tidak Lebih Dari $3 Saja

Jika memang diharuskan menggunakan taksi yang tidak gratis, jangan sampai mengurungkan niat untuk liburan murah keliling dunia a la crew kapal pesiar. Saya biasanya menggunakan taksi saat berada di Ft.Lauderdale, Florida kalau mau ke “Public Place” dengan tarif $3 saja per trip. Jadi, siapkan uang $6 untuk pulang-pergi.

Masih terjangkau, kan ?

Terus apa saja yang ada di “Public“?

Kalau mau cari kaos atau sepatu bisa datang ke Ross, “pusat belanja pakaian”. Ingin belanja cemilan bisa di Dollar Tree “every thing one dollar”. Membutuhkan obat-obatan atau HP seken ada di Medifort “drug store dan elektronik seken”. Mau makan siang ada China Lui atau Hongkong Restaurant . Suka belanja online di Amazon atau Ebay bisa beli Gift Card nya di Winn dixie. Ingin ganti HP atau beli laptop baru tinggal datang ke Port Elektronik atau Port Noise, pokoknya di “Public” itu toko apa saja ada. Yang tidak ada disana yaitu Abang Tukang Gorengan sama Abang Toge Goreng.

Seandainya kegiatan belanja sudah membosankan. Jangan lupakan hobi berikut ini.

Menyalurkan Hobi Dengan Mancing Di Belakang Kapal

Bagi crew yang mempunyai hobi memancing. Saat kapal berangkat malam dan pekerjaan sudah selesai. Bisa turun atau go ashore untuk memancing (kan waktu ke Walmart beli fishing gear yang murah!). Seperti yang saya lakukan di Papete. Meskipun dengan peralatan yang seadanya. Namun, tidak mengurangi kenikmatan saat menarik benang pancing begitu umpan dimakan ikan buruan.

“Asal jangan coba-coba memancing hiu apalagi memancing keributan”.

Ikut Crew Tour Di Skagway, Alaska

Liburan murah keliling dunia 6
Tiket crew tour WP & YR MS. Nieuw Amsterdam

Liburan murah keliling dunia lainnya yaitu ikut dalam acara crew tour yang diselenggarakan oleh kapal pesiar. Biasanya di kapal pesiar Holland America akan mengadakan tour jalan-jalan khusus buat crew. Seperti crew tour Menara Pisa di Italia, Colloseum Roma di Italia, White Pass & Yukon Route Skagway di Alaska.

Meskipun termasuk liburan murah keliling dunia, crew tour tidak sepenuhnya tanpa biaya sedikitpun. Crew tetap harus mengeluarkan ongkos, tapi dengan diberikan diskon. Seperti pada tanggal 16 Mei 2017 kemarin, MS. Nieuw Amsterdam mengadakan crew tour White Pass & Yukon Route (WP & YR) Skagway, Alaska. Crew yang ikut tersebut membayar ongkos sebesar $10 saja. Itu harga tiket yang sudah mendapat diskon khusus crew.

Liburan Murah Dengan Cara Renang Di Private Island

Liburan murah keliling dunia hmc
Cara ngilangin bau ketek ya.. seperti ini gaya renangnya.

Holland America Line mempunyai privat island di Bahamas yang sangat indah. Dengan bentuk setengah bulan, membuat tujuan wisata yang satu ini menjadi favorit bagi siapa saja yang menyukai keindahan alam. Itulah Half Moon Cay, Bahamas. Sehingga jika ada kesempatan, jangan sampai melewatkan untuk liburan murah keliling dunia dengan cara renang di Half Moon Cay.

Liburan Murah Dengan Cara Mendaki Mount Roberts di Juneau, Alaska

Liburan murah keliling dunia di juneau
Sedang melakukan pendakian ke puncak Mount Roberts

Liburan murah keliling dunia itu memang sungguh mengasyikkan. Apalagi destinasi wisatanya sangat bagus. Seperti saat berada di Juneau, Alaska. Rasanya ada yang kurang jika tidak melakukan pendakian ke puncak Mount Roberts Juneau, Alaska. Untuk mencapai kesana, kita harus menggunakan kereta gantung atau tramway. Ongkosnya pun cukup murah, hanya $10 saja khusus crew dengan cara menunjukkan crew id kepada kasir.

Dari sekian banyak cara liburan murah keliling dunia yang dilakukan pelaut kapal pesiar. Cara dibawah ini tidak membutuhkan uang sepeserpun.

Cari Tempat Duduk Agar Bisa Melihat Bule Yang Cantiknya Aduhai

Go ashore atau jalan-jalan murah bisa hanya dengan duduk-duduk di kursi atau bebatuan sekitar kapal. Jika saya sedang malas melakukan perjalanan jauh. Maka, saat go ashore saya akan mencari tempat duduk yang strategis, yang cocok untuk cuci mata. Sambil duduk saya bisa update status di facebook jika ada free wifi, berbincang dengan teman dan yang paling penting saya bisa melihat para pejalan kaki, khususnya yang memiliki kecantikan yang aduhai.

Liburan murah keliling dunia sandiego
Liburan itu tidak mesti mahal, duduk liatin orang-orang lewat asyik juga Broo. San Diego

Cara ini merupakan cara yang paling murah. Karena tidak perlu bawa uang untuk belanja, apalagi bayar taksi. Cukup bawa soft drink dari kapal dan sedikit cemilan kalau ada.

Jadi, keliling dunia tidak selamanya membutuhkan biaya yang sangat mahal. Dengan keuangan yang serba pas-pasan pun, masih bisa menikmati liburan murah keliling dunia, di negara-negara maju di Eropa maupun Amerika, Asia maupun Alaska. Karena kami adalah crew kapal pesiar. Bahkan saat bekerja pun sebenarnya kami sedang liburan keliling dunia.

Bagaimana, tertarik menjadi crew di kapal pesiar?

Tulisan Pelaut GO lainnya

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *