Lupa Password Akun Pelaut Ternyata Bisa dialami Siapa Saja Loh

Lupa Password Akun Pelaut

Lupa password pada saat mau buka akun pelaut di pelaut.dephub.go.id, bisa terjadi pada siapa saja termasuk saya. Saya yakin tidak sedikit dari BrooGO pun pernah mengalaminya, kan?. Menurut saya itu hal yang wajar Broo. Karena sebagai manusia biasa yang mempunyai banyak kekurangan, pasti kita tidak luput dari salah maupun lupa. Tapi apa jadinya jika kita lupa password ketika ingin mengakses akun pelaut kita?. Saya punya cerita seru nih, pada saat saya lupa password akun pelaut.

Namun, sebelum saya bercerita, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan password dan password akun pelaut.

Apa Itu Password?

Password atau dalam bahasa Indonesia kata sandi, merupakan gabungan dari beberapa huruf dan atau angka, yang digunakan untuk membuka sesuatu yang bersifat rahasia atau pribadi. Password atau kata sandi bisa juga disebut PIN seperti pada kartu ATM, ini biasanya terdiri dari empat, enam, delapan bahkan lebih karaktek atau digit. Jika kita salah memasukkan password atau kata sandi, maka kita tidak bisa membuka atau mengakses, email kita misalnya.

Oleh karena itu, jangan sampai salah memasukkan password apalagi sampai lupa, bisa bahaya Broo.

“Jagalah baik-baik seperti Kau menjaga hati Ku” (Cieee…).

Password Akun Pelaut

Password akun pelaut adalah password atau kata sandi yang digunakan untuk membuka akun para pelaut pada aplikasi buku pelaut online yang bisa diakses di pelaut.dephub.go.id. Password ini akan terus digunakan selama BrooGO mempunyai akun pelaut. Dan selama menjadi pelaut, BrooGO akan secara berkala untuk menggunakan akun pelaut dalam hal pengurusan buku pelaut online. Seperti: penggantian buku pelaut, perpanjang buku pelaut, perubahan identitas ataupun penambahan data pada buku pelaut, dan permintaan ulang kode billing untuk pembayaran buku pelaut online jika kode tersebut kadaluarsa.

Jadi, jangan sampai BrooGO lupa password akun pelaut nya ya…..

Nah, mengenai lupa password akun pelaut ini, saya akan bercerita seperti yang saya katakan tadi diatas. Mau tahu ceritanya? Okelah, saya langsung cerita aja ya!

Jadi begini Broo,

Password Akun Pelaut Yang Membuat Saya Punya Penyakit Lupa

Sebagai seorang pelauts zaman now, dan agar dibilang kekinian, tentu saya harus punya email dong. Setuju, ya! Nah, akhirnya saya pun bikin email di Gmail, yang akhirannya Gmail.com itu Broo. Membuat email ini sebenarnya sih bukan hal baru buat saya, begitupun dengan BrooGO, kan?. Karena sejak dulu, dia (baca : email) sudah akrab lah buat saya. Kan, buat akun facebook harus pakai email, akun di marketplace (maklum suka belanja online) juga pakai email. Dan email saya banyak Broo. Saking banyaknya sampai saya sendiri lupa passwordnya. Bahkan, nama emailnya sendiri lupa.  

Bisa begitu ya, Broo!

Saran saya sih, BrooGO jangan banyakin email kalau tidak ingin jadi pelupa, heee. Ntar bernasib sama kayak saya, punya penyakit lupa. Mending banyakin duit atau anak ya Broo. Asal jangan banyakin pacar aja. Iya kan, Broo?

Akhirnya untuk mensiasati agar tidak jadi pelupa. Saya memutuskan untuk hanya mempunyai tiga email saja. Satu untuk akun facebook, satu untuk akun apple ID, dan satunya untuk akun pelaut. Kan, saya ini pelaut juga kayak BrooGO. Jadi, harus punya akun pelaut dong.

info : kalau BrooGo belum punya atau belum tahu cara membuat akun pelaut, ada neh Broo, artikel yang bagus bagaimana membuat akun pelaut di pelaut.dephub.go.id

Kemudian ketiga email tersebut beserta passwordnya, saya catat di tempat yang paling rahasia dari yang ter-rahasia (huzz…..jangan mikir jorok ya….!). Setelah itu tempat ter-rahasia itu saya amankan lagi pakai password atau kata sandi (wex…ini lebih bahaya lagi kalo sampai lupa sandinya). Nah, setelah semua yang saya lakukan itu sudah dirasa aman, paling tidak menurut saya sendiri, saya tidak jadi pelupa lagi. Khususnya untuk urusan email beserta passwordnya.

Tenang dong saya!

Tapi, ternyata itu tidak membuat saya menjadi tenang Broo. Karena penyakit itu datang lagi menghampiri saya. Dia datang secara tiba-tiba tanpa diundang seperti Jaelangkung. Dia nongol begitu saja saat saya sedang tidak menginginkan kehadirannya (mantan kaliii). Dan yang kurang ajarnya lagi, dia seneng banget sama saya. Asem, kan? Itulah penyakit lupa.

Padahal saat itu saya mau buka akun pelaut yang sudah saya buat pada saat mengajukan permohonan buku pelaut online. Maksudnya sih waktu itu saya berencana untuk membuatkan artikel, yang isinya bagaimana jika BrooGO akan meminta ulang kode billing buku pelaut baru.

Gitu Broo!

Karena saya tidak ingat juga alias lupa password akun pelaut saya. Meskipun saya sudah berusaha mengingatnya sampai jungkir balik alias salto. Akhirnya saya mengeluarkan jurus pamungkas yaitu reset password. Karena cuma itu satu-satunya cara yang menurut saya paling bisa dan memungkinkan buat saya.

Okelah!

Sepertinya masalahnya sudah terpecahkan. Dan sekarang lah saat yang tepat untuk mereset password akun pelaut saya itu. Gimana, BrooGO sudah siap melihat bagaimana cara saya mereset password?

Eit tunggu dulu, ternyata! Masalah baru malah muncul. Apa itu? Kuota internet saya habis Broo. Malu-maluin banget, kan Broo! Masa pelaut sampai kehabisan kuota. Gengsi dong!.

Dah lah, gak usah pake gengsi-gengsian.

Tanpa pikir panjang, saya pun langsung ke konter HP untuk beli kuota internet agar bisa akses pelaut.dephub.go.id, untuk mereset password akun pelaut saya.

Singkat cerita!

Saya sudah beli kuota internet di konter yang belum bisa dibilang konter langganan.

“Mas, ditinggal aja ga pa pa, nanti juga kuotanya masuk kok”. Kata mbak penjaga konternya.

Langsung pulang ke rumah dong. Begitu sampai di rumah ternyata kuotanya belum masuk juga. Kesel tapi saya masih bisa nahan lah. Begitu kuotanya masuk apa yang terjadi…..?. Ternyata, data yang masuk tidak sesuai dengan apa yang saya beli, yaitu 10Gb untuk 4G dan 2Gb untuk 3G (waktu itu saya beli kuota XL seharga RP.75.000). Yang masuk malah lebih sedikit, yaitu cuma 5Gb untuk 4G dan 5Gb Youtube (ini bukan iklan ya).

“Grrr…dia mau nipu saya rupanya”. Geram saya dalam hati.

Akhirnya, tanpa mikir lagi seribu kali, saya datangin mbak nya (kayak mau nagih hutang gitu Broo, heee). Terjadilah unjuk rasa tingkat pribadi antar pelauts zaman now dengan penjaga konter HP. Untuk bagian komplain ini gak usah diceritain ya Broo. Gak penting. Iya, kan? yang jelas saya geram banget dah. Gimana gak kesel coba, saya kan berniat baik untuk membuatkan artikel buat BrooGO, ikhlas lagi, bener deh (ikhlas ko’ diceritain, heee). Ehh gara-gara mbak nya saya harus bulak-balik ke konter HP. Jadi kehabisan waktu, kan?

Anggap saja semua sudah beres dan saatnya untuk melaksanakan tugas yaitu mereset atau mengganti password akun pelaut saya. Jadi, kita lupain sejenak cerita panjang yang sangat “Complicated” tersebut.

Apa Yang Dilakukan Jika Lupa Password Akun Pelaut?

Yang harus BrooGO lakukan pada saat lupa password akun pelaut adalah dengan cara mereset atau menggantinya. Yaitu dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka laman pelaut.dephub.go.id dengan cara ketikkan di kotak browser. Maka akan muncul halaman utama pelaut.dephub.go.id
  • Klik menu buku pelaut / seaman book
  • Klik sub menu pelaut. Maka akan muncul aplikasi login buku pelaut

login lupa password akun pelaut

  • Klik link lupa password? Maka akan muncul seperti pada gambar berikut

request lupa password akun pelaut 1

 

  • Isi username dan email BrooGO yang masih aktif dan tidak lupa passwordnya ya
  • Isi captcha dengan benar. kemudian klik link request password
  • Maka akan muncul tampilan “Receive Temporary Password” seperti berikut

Receive Temporary Password-lupa password akun pelaut

  • Setelah itu silahkan BrooGO cek kotak masuk atau spam email untuk mendapatkan temporary password, kemudian copy temporary password yang ditandai seperti gambar dibawah

email temporary password-lupa password akun pelaut

  • Balik lagi ke tampilan “Receive Temporary Password” yang sudah terbuka tadi
  • Isi username dengan benar, paste atau simpan temporary password yang sudah dicopy dari email tadi serta isi password baru
  • Isi captcha dengan benar dan klik link change password

Receive Temporary Password-lupa password akun pelaut 1

  • Jika semuanya benar maka akan muncul login ke buku pelaut
  • Isi username, password yang baru BrooGO ganti, isi captcha dengan benar dan klik login

login ulang-lupa password akun pelaut

  • jika berhasil maka akan masuk ke halaman “Alur Proses Permohonan Buku Pelaut Online”

lupa password akun pelaut alur proses

  • Selesai dan selamat, BrooGO sudah berhasil mereset password akun pelaut BrooGO

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mereset password, jika BrooGo lupa password akun pelaut. Cukup mudah, kan?. Dan BrooGO tidak perlu mengalami hal yang sama seperti saya. Harus kehabisan kuota internet sampai marah-marah di konter orang, hanya karena hal seperti itu.

Hmm, tapi masih ada yang lupa nih Broo, apa coba?,Ternyata saya belum mandi Broo. Permisi ya.

Jadi, Jangan lupa lagi ya!

Tulisan Pelaut GO lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *