Meminta Ulang Kode Billing Untuk Pembayaran Buku Pelaut Online Itu Sangat MUDAH


Meminta ulang kode billing pelaut

Meminta Ulang Kode Billing

Meminta ulang kode billing pada saat mengajukan permohonan pembuatan buku pelaut online, biasanya dilakukan karena kode billing yang masuk ke email para pelaut, sudah tidak bisa digunakan untuk pembayaran buku pelaut online. Kenapa kode billing itu tidak bisa digunakan? Karena kode billing tersebut sudah melewati batas waktu dari yang ditentukan, yaitu lebih dari empat hari sejak email dikirim ke pelaut. Sehingga para pelaut tersebut harus meminta ulang kode billing yang baru, agar buku pelaut online mereka bisa segera dicetak oleh pihak syahbandar.

Jika salah satu dari BrooGO mengalami seperti itu, tidak usah khawatir apalagi sampai takut tidak punya buku pelaut online. Karena sebentar lagi BrooGO akan tahu bagaimana caranya meminta ulang kode billing yang baru. Jadi, baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Namun, sebelum saya jelaskan bagaimana caranya meminta ulang kode billing. Saya ingin terlebih dahulu menjelaskan apa itu kode billing.

Boleh, ya!

Pengertian Kode Billing

Kode billing adalah serangkaian angka unik yang digunakan untuk membayarkan biaya pembuatan buku pelaut online. Kode billing akan dikirimkan ke email setiap pelaut, yang sudah melakukan pendaftaran permohonan buku pelaut online dan menyerahkan semua persyaratan yang diperlukan.

Oleh karena itu, setelah menyerahkan semua persyaratan pengajuan pembuatan buku pelaut online, diharapkan agar para pelaut untuk sering mengecek email nya masing-masing. Karena kode billing tersebut cuma berlaku selama empat hari sejak email dikirim. Jika melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Maka kode billing tersebut tidak bisa digunakan lagi alias kadaluarsa

Jadi, jangan sampai kehabisan kuota internetnya ya Broo. Agar bisa buka email untuk mengecek kode billing yang dikirim ke email BrooGO,

Nah, agar lebih jelas mengenai kode billing ini. Silahkan BrooGO lihat contoh isi email atau invoice tagihan pembayaran pembuatan buku pelaut online berikut :

Contoh Email Invoice Tagihan Pembayaran Pembuatan Buku Pelaut Online

Kepada yang terhormat

Nama BrooGO
Alamat BrooGO

Berikut adalah tagihan pembayaran pengajuan buku pelaut Anda. Dokumen ini bukanlah bukti pembayaran, mohon untuk dapat menyelesaikan tagihan dengan rincian sebagai berikut ;

Nama : Nama BrooGO
Nomor Pendaftaran : R20611180081
Nomor Invoice : IV/TPJ/201612050091
Total tagihan : 100.000,00 Rupiah
Tanggal Invoice : 05 Dec 2017
Batas Pembayaran : 08 Dec 2017

Kode Billing : 820161205871948

Metode Pembayaran :

  • Pembayaran dapat dilakukan pada bank dan pos persepsi mitra SIMPONI melalui teller, ATM dan e-Banking dengan mencantumkan kode billing
  • Berikut ini adalah 25 bank dan 1 pos persepsi mitra SIMPONI : Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, PT Pos Indonesia, Bank Jabar Banten, Citibank, BPD Sumsel Babel, Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, BCA, BII, BPD Riau, BPD Kalsel, Bank Nusantara Parahyangan, BNI Syariah, Bank Lampung, BPD Nusa Tenggara Timur, Comonwealth Bank, Bank Sulut, Panin Bank, HSBC, Bank Sumut, Bank Jatim, Bank DBS, Deutsche Bank, Bank Nagari.
  • Setoran mata uang USD dapat dilakukan pada bank : BNI, Bank Mandiri dan BRI.

PERHATIAN

Pembayaran yang diproses adalah pembayaran yang dilakukan pada jam 07.00 s/d 16.00 pada hari kerja. Pembayaran yang dilakukan diluar jam tersebut akan diproses pada hari berikutnya.

Itulah contoh isi email yang akan BrooGO terima sekitar 1-2 minggu, setelah semua proses dalam pengajuan pembuatan buku pelaut online sudah BrooGO lakukan.

Nah, jika BrooGO menerima email seperti diatas, segeralah untuk menyelesaikan tagihan tersebut, jangan sampai telat. Karena jika BrooGO telat melakukan pembayaran dan melewati batas waktu pembayaran (dalam contoh diatas adalah tanggal 08 Des 2017), kode billing tersebut akan kadaluarsa. Namun, jika BrooGO segera melakukan transfer pembayaran buku pelaut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. BrooGO akan menerima email balasan yang berisi kwitansi atau bukti pembayaran buku pelaut yang sah.

Berikut adalah contoh isi email kwitansi begitu BrooGO membayar tagihan buku pelaut online :

Contoh Email Kwitansi Pembayaran Pembuatan Buku Pelaut Online

Kepada yang terhormat

Nama BrooGO
Alamat BrooGO

Berikut adalah bukti pembayaran pengajuan buku pelaut Anda. Dokumen ini merupakan bukti pembayaran yang sah dengan rincian sebagai berikut :

Nama : Nama BrooGO
Nomor Pendaftaran : R20611180081
Nomor Invoice : IV/TPJ/201612050091
Tanggal Invoice : 05 Dec 2017
Tanggal Pembayaran : 06 Dec 2017
Total tagihan : 100.000,00 Rupiah

Kode Billing : 820161205871948

Nomor Transaksi Penerimaan Negara : E19A077N510IO6B9

NTB : 000000531371

PERHATIAN

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan menghubungi kami di Contact Center Kementerian Perhubungan.

Telp : (021)-151 Email : info151@dephub.go.id

Demikian bukti bayar ini kami sampaikan agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Gimana, sampai disini sudah jelas kan, Broo?

Terus kalau kode billing tersebut kadaluarsa, misalnya karena jarang buka email, lebih sering facebook-an, atau karena kuotanya tidak pernah diisi seperti kelakuan teman kita diatas, bahkan lebih parah lagi karena handphonenya rusak (just kidding Broo!). Apa yang harus BrooGO lakukan?

Tenang, sebentar lagi BrooGO akan tahu jawabannya.

Jika kode billing yang BrooGO terima diemail sudah kadaluarsa karena alasan yang cuma BrooGO dan Tuhan yang tahu. Maka, BrooGO harus meminta ulang kode billing yang baru.

Cara Meminta Ulang Kode Billing Yang Baru

Berikut adalah langkah-langkah nya :

  • Masuk ke pelaut.dephub.go.id
  • Klik menu aplikasi buku pelaut
  • Klik sub menu pelaut
  • Kemudian setelah muncul tampilan login
  • Ketik username dan password
  • Setelah masuk di aplikasi buku pelaut, akan ada menu general dan permohonan
  • Klik permohonan
  • Klik permintaan ulang kode billing
  • Klik link request kode billing
  • Pilih tempat untuk mencetak buku pelaut
  • Isi captcha kemudian klik link request kode billing

Itulah langkah yang harus BrooGO lakukan, setelah menerima invoice tagihan buku pelaut online dan jika kode billing yang BrooGO terima kadaluarsa atau tidak bisa digunakan untuk pembayaran buku pelaut online.

Simpulan :

Begitu BrooGO melakukan pendaftaran dan sudah menyerahkan persyaratan pengajuan pembuatan buku pelaut online. Yang harus BrooGO lakukan adalah sering mengecek email yang BrooGO gunakan saat pembuatan buku pelaut online. Jangan sampai tidak tahu begitu email tagihan pembayaran buku pelaut online dikirim ke email BrooGO. Namun, jika itu terjadi alias kode billingnya sudah tidak bisa digunakan karena lewat batas waktu pembayaran. Lakukanlah langkah-langkah meminta ulang kode billing sebagaimana yang sudah disampaikan diatas.

Mudah kan, Broo?

Tulisan Pelaut GO lainnya

17 Komentar

  1. Mau tanya min, tanggal 21-03-2018 persyaratan saya sudah masuk d syahbandar perak surabaya, pada tanggal 22-03-2018 pukul 13.00 melaksanakan foto untuk buku pelaut, pada tanggal 23 saya mendapatkan email verifikasi, namun tanggal dikirimnya email tersebut tanggal 16-03-2018, ketika saya verifikasi dengan menggunakan kode yg saya terima dari email saya tidak bisa memverifikasi dan muncul kata user already verificated
    Mohon saran dan pendapatnya min

    1. Itu adalah email saat registrasi dan sudah diverifikasi. Yang BrooGO Sholeh tunggu sekarang ini email Kode Billing.
      Kalo sudah ada kode billing langsung dibayarkan aja Broo.

      Semoga membantu ya.

    1. Silahkan BrooGO Rafi tanya ke mbah google, ketik “cara membayar pnbp”. Disana banyak sekali yang menjelaskan caranya. Meskipun beda jenis pnbp yang dibayarkan, tapi pada dasarnya sama saja Broo.

      Semoga membantu ya Broo

      1. Terimakasih bang sudah berkenan menjawab pertanyaan saya, satu lagi bang setelah kita membayar lewat atm apakah kita harus ke syahbandar dan membawa bukti transfer tersebut? Atau nanti setelah buku pelaut jadi baru kita ke syahbandar? Terimakasih.

  2. bro saya sudah proses. pembuatan buku pelaut. dan jga sudah foto. pda tgl 06 juni 2018. tpi sampai skrg sya blm dapat. kode billing.sya cek tiap hri tpi blm dapat juga. mohon petunjuknya kwan kwan. terima kasih.

    1. Kode billing biasanya dikirim lewat email, 1-2 minggu setelah pengambilan foto. Ditunggu aja bro. Mungkin karena ada libur cuti panjang.

      Semoga buku pelaut nya segera diproses ya Broo.

  3. Brow. Kemaren saya sudah bayar 100 rbu. Cuma ngak saya urus sampai 1 bulan. Apakah bisa saya daftar dan bayar ulang lg untuk buat buku pelaut.

    1. Kenapa nggak diurus aja dulu Broo. Coba datang ke syahbandar sekalian bawa bukti transfernya.

      Semoga buku pelautnya sudah jadi ya Broo

    1. Jika kode billing kadaluarsa harus minta yang baru Bro. Namun,kalau terlanjur sudah transfer sebaiknya tanyakan ke syahbandar langsung Bro.

  4. mohon bantuannya min…ini saya uda dapat email masuk cman nmor pendaftaran beserta nama…keterangannya APPROVED pda tggal 20.08.2018….tpi koq kode billingnya lom ada msuk…terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *