Panduan Tahap Demi Tahap Membuat Permohonan Buku Pelaut Online

Panduan tahap demi tahap membuat permohonan buku pelaut online yang mau saya share disini, sebenarnya sudah banyak disampaikan oleh kebanyakan orang. Namun, dengan judul dan gaya bahasa yang berbeda. Baik dalam bentuk blog maupun media online lainnya. Oleh karena itu, sebelum saya melanjutkan, saya ingin agar BrooGO menjawab pertanyaan berikut.

Apakah BrooGO sudah memiliki Buku Pelaut Online?

Jika jawabannya SUDAH, maka ada tiga hal yang bisa BrooGO lakukan, yaitu :

  1. BrooGO tidak perlu membaca postingan ini, karena postingan ini diperuntukkan bagi kawan-kawan pelaut yang belum memiliki buku pelaut online dan akan membuat buku pelaut online.
  2. BrooGO masih boleh membaca postingan langkah-langkah atau panduan tahap demi tahap membuat permohonan buku pelaut online ini. Dengan tujuan untuk memeriksa kemungkinan ada tidaknya langkah atau tahapan yang salah. Sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan.
  3. Seandainya saat membaca panduan ini, BrooGO tidak menemukan kesalahan dalam setiap langkahnya. Saya harap BrooGO berkenan untuk membagikannya atau share ke publik, dengan harapan agar bisa bermanfaat buat BrooGO lain yang belum memiliki buku pelaut online.

Namun, jika jawabannya belum dan BrooGO tidak mengetahui tahap demi tahap membuat permohonan buku pelaut online, saya ucapkan SELAMAT. Karena BrooGO telah menemukan panduan yang tepat yang sedang BrooGO butuhkan. Dan sedikitnya ada dua saran untuk BrooGO lakukan, yaitu :

  1. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dengan benar. Agar BrooGO segera memiliki buku pelaut online seperti pelaut lainnya.
  2. Agar BrooGO dengan penuh keikhlasan hati untuk membagikan postingan ini sebanyak mungkin, di Facebook atau Tweeter BrooGO. Karena tidak menutup kemungkinan, masih banyak teman-teman pelaut di luar sana, yang belum memiliki buku pelaut online serta tidak tahu langkah-langkah dalam membuat permohonan buku pelaut online.

Untuk membuat permohonan buku pelaut online, setidaknya ada tiga tahapan penting yang harus BrooGO lakukan. Yang pertama adalah tahap pendaftaran permohonan buku pelaut online, kedua adalah tahap penyerahan dokumen persyaratan dalam membuat buku pelaut online, dan yang ketiga adalah pembayaran dan pengambilan buku pelaut online.

Tahap Pertama : Pendaftaran Permohonan Buku Pelaut Online

Baiklah setelah menjawab pertanyaan diatas, berarti BrooGO sudah tahu apa yang selanjutnya harus dilakukan. Ya, benar. Sekaranglah saatnya kita melakukan pendaftaran. Caranya yaitu dengan mengunjungi website pelaut.dephub.go.id. Kemudian ikuti langkah-langkah atau tahap demi tahap membuat permohonan buku pelaut online berikut :

Langkah pertama yaitu mengetikkan “pelaut.dephub.go.id” di mesin pencari yang biasa BrooGO pakai. Misalnya Google, Yahoo, Bing, dll.

Tekan ENTER atau klik cari yang ada disebelah kanan mesin pencari.

Klik situs pelaut.dephub.go.id tersebut sampai muncul tampilan situsnya.

Selain menggunakan mesin pencari, BrooGO bisa juga dengan mengetikkan langsung “pelaut.dephub.go.id” di browser yang BrooGO gunakan. Dianjurkan browser Chrome.

Setelah muncul halaman depan situs pelaut.dephub.go.id. Pilih menu Aplikasi Buku Pelaut. Lalu klik sub menu Pelaut.

Cara membuat akun pelaut

Maka akan muncul tampilan login seperti gambar di bawah ini

cara membuat akun pelaut8

Silahkan BrooGO login dengan cara ketik username dan password serta isi kolom captcha dengan benar. Kemudian klik login (disini saya anggap BrooGO sudah memiliki akun pelaut). Namun, jika BrooGO belum memiliki akun, maka klik link Buat Akun yang berwarna hijau untuk membuat akun.

Jika BrooGO sudah login dan berhasil maka akan muncul tampilan “Alur proses permohonan buku pelaut online” seperti berikut.

cara membuat akun pelaut9

Kemudian BrooGO pilih menu Permohonan yang ada di sebelah kiri “Alur proses permohonan buku pelaut online”

Kemudian klik sub menu Buku Pelaut

Tunggu sampai muncul tampilan Permohonan Buku Pelaut seperti berikut.

Membuat buku pelaut online0

Lalu klik Buat Permohonan, maka akan muncul langkah-langkah untuk membuat permohonan buku pelaut. Langkah-langkah tersebut dibagi kedalam tiga step, yaitu :

Step 1 : Identitas Pelaut

Membuat permohonan buku pelaut online1

Pada step 1 identitas pelaut, ada bagian yang tidak perlu BrooGO isi. Karena data tersebut merupakan data yang terdapat pada data sertifikat pelaut pada sistem database sertifikasi. Seperti : Kode Pelaut, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Kebangsaan dan Jenis Kelamin. Sementara data BrooGO yang perlu diisi diantaranya : Warna Rambut, Warna Mata, Tinggi Badan, Warna Kulit, Golongan Darah dan Alamat Tetap. Semua data ini akan tercetak pada buku pelaut online BrooGO nantinya.

Step 2 : Ijazah / Sertifikat

Membuat permohonan buku pelaut online2

Setelah semua identitas pelaut sudah BrooGO isi, klik next untuk melanjutkan ke step 2, yang berisi semua data mengenai ijazah atau sertifikat BrooGO. Jika semuanya sudah benar, silahkan BrooGO klik next.

Langkah terakhir atau step ketiga dari tahap pertama pada pendaftaran permohonan buku pelaut online adalah proses cetak buku pelaut.

Step 3 : Cetak

Membuat permohonan buku pelaut online3

Setelah mengisi semua identitas pelaut pada step 1 dan sertifikat pelaut pada step 2 sudah benar, saatnya untuk memilih tempat untuk mencetak buku pelaut online. Pilihlah Syahbandar terdekat atau yang lebih mudah diakses oleh BrooGO, misalnya Syahbandar Utama No.1 Tanjung Priok.

Membuat permohonan buku pelaut online4

Kemudian ketikkan captcha dengan benar, lalu klik finish, maka akan muncul tampilan bukti pendaftaran permohonan buku pelaut online.

Membuat permohonan buku pelaut online5

Kemudian klik “Print Permohonan” (gambar printer)

Setelah bukti pendaftaran permohonan buku pelaut online berhasil dicetak, BrooGO bisa melanjutkan ke tahap kedua, yaitu tahap penyerahan dokumen.

Tahap Kedua : Penyerahan Dokumen Persyaratan Dalam Membuat Buku Pelaut Online.

Tahap selanjutnya dalam membuat buku pelaut online adalah menyerahkan dokumen atau persyaratan yang diperlukan. Persyaratan tersebut terdapat pada bukti pendaftaran permohonan buku pelaut online yang tadi BrooGO print, diantanya :

  1. Surat pernyataan belum pernah memiliki buku pelaut
  2. Foto copy sertifikat keahlian pelaut dan atau sertifikat keterampilan pelaut, surat keterangan PRALA bagi TARUNA/I yang akan melaksanakan Praktek Kerja laut
  3. Surat keterangan masa berlayar yang diketahui Syahbandar atau KBRI setempat, bagi pelaut yang sudah berlayar
  4. Surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit yang direkomendasi
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Foto copy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  7. Pas foto ukuran 5X5 dan 3X4 masing-masing sebanyak 3 lembar

Keterangan :

  1. Persyaratan diatas adalah persyaratan dari Syahbandar mengenai buku pelaut online secara umum. Maksudnya pelaut yang akan membuat baru, penggantian, perpanjangan dan masa berlayar, pada saat melakukan pendaftaran permohonan buku pelaut online di pelaut.dephub.go.id, lalu mencetak bukti pendaftaran tersebut. Maka, persyaratannya akan selalu sama seperti diatas.
  2. Semua persyaratan diatas adalah untuk pelaut yang belum pernah memiliki buku pelaut.
  3. Persyaratan poin kedua khusus untuk TARUNA atau TARUNI.
  4. Jika BrooGO akan membuat surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit yang direkomensasi. Sebaiknya menanyakannya ke petugas Syahbandar dimana BrooGO akan membuat buku pelaut online. Jangan hanya berpatokan pada daftar rumah sakit yang terdapat di bkkp.dephub.go.id.
  5. Untuk data pribadi yaitu Akte Kelahiran dan KTP, BrooGO bisa membawa keduanya atau salah satu.
  6. Bagi pelaut yang sudah mempunyai buku pelaut lama dan akan mengganti menjadi buku pelaut online. Maka, hanya perlu membawa persyaratan pada poin keempat sampai poin ketujuh, ditambah membawa buku pelaut lama yang asli dan foto copy. Serta ukuran foto yang dibutuhkan adalah 5X5 sebanyak 3 lembar. Dengan latar belakang biru untuk Deck dan merah untuk Mesin.

Jika semua persyaratannya sudah siap, BrooGO bisa datang ke Syahbandar yang dipilih. Berikan bukti pendaftaran online beserta persyaratannya (2 hari setelah pendaftaran online).

Info : langkah-langkah yang ada di bawah ini berdasarkan situasi di Syahbandar Utama No.1 Tanjung Priok, Jakarta.

Petugas Syahbandar memverifikasi dokumen permohonan pelaut (petugas Syahbandar Utama Tanjung Priok yang memverifikasi dokumen berada di tenda samping kantor)

Setelah verifikasi OK, serahkan dokumen persyaratan buku pelaut online tersebut ke loket II. Petugas di loket II akan mengembalikan bagian dari bukti pendaftaran buku pelaut online, untuk pengambilan buku pelaut online jika sudah jadi.

Kemudian akan dilakukan pengambilan foto di lobby kantor Syahbandar.

Jika sampai pengambilan foto sudah dilakukan. Berarti tahap penyerahan dokumen persyaratan permohonan dan pembuatan buku pelaut online sudah selesai. BrooGO bisa pulang kerumah masing-masing dengan tenang. Namun, ada tahap selanjutnya atau tahap terakhir dari panduan tahap demi tahap membuat permohonan buku pelaut online. Yaitu tahap pembayaran dan pengambilan buku pelaut online.

Tahap Ketiga : Pembayaran Dan Pengambilan Buku Pelaut Online

Dalam kurun waktu 1-2 minggu, BrooGO akan melakukan beberapa hal di bawah ini :

Cek email BrooGO/pelaut, yang digunakan saat mendaftar buku pelaut online. Jika sudah ada info tagihan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Maka, BrooGO bisa melakukan pembayaran.

Bayarlah PNBP sesuai kode billing ke bank yang ditunjuk (BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA, BNI, BNI Syariah, Kantor Pos), bisa melalui ATM atau teller bank.

Setelah melakukan pembayaran, segera konfirmasi ke 081316291045 (No.HP yang diperoleh setelah pengambilan foto selesai dilakukan) dengan format SMS (kode pelaut, nama, “saya sudah melakukan pembayaran”). Simpan struk pembayaran PNBP tersebut.

Serahkan bukti pembayaran PNBP ke petugas Syahbandar di loket 4 beserta kertas permohonan.

Tunggu sampai buku pelaut online terbit.

Dan, Horeeeee, buku pelaut online BrooGO sudah jadi. Selamat ya….!

Simpulannya : Proses pembuatan buku pelaut online itu sebenarnya tidak sulit. Namun, masih banyak diantara BrooGO yang tidak mengetahui langkah yang harus diambil dalam pembuatan buku pelaut online ini. Oleh karena itu, agar BrooGO tidak mengalami kesulitan saat membuat buku pelaut online. Lakukanlah setiap tahapan yang sudah saya uraikan diatas dengan benar.

Jika BrooGO masih menemukan kendala atau ada yang kurang jelas, silahkan sampaikan di kolom komentar. Dengan senang hati saya akan berusaha membantu masalah BrooGO sampai memiliki buku pelaut online. Atau BrooGO juga bisa meminta bantuan ke petugas koperasi di Syahbandar (tapi hanya untuk tahap pertama saja, selebihnya BrooGO lakukan sendiri). Seperti yang kebanyakan pelaut lakukan saat hendak membuat buku pelaut online di Syahbandar Utama Tanjung Priok. Cara ini pun pernah saya lakukan saat saya belum mengetahui langkah-langkah membuat permohonan buku pelaut online.

Harapan saya semoga artikel ini bisa menjadi jawaban buat BrooGO, yang hendak membuat buku pelaut online.

Tulisan Pelaut GO lainnya

51 Komentar

    1. Surat pernyataan belum mempunyai buku pelaut merupakan salah satu persyaratan dalam membuat buku pelaut online. Sementara yang diprint itu adalah bukti bahwa BrooGO Ikhsan mengajukan permohonan untuk membuat buku pelaut online. Jadi jelas berbeda.
      Silahkan BrooGO Ikhsan cari di internet contoh surat pernyataannya, banyak kok!

      Semoga membantu dan BrooGO segera mempunyai buku pelaut online ya.

  1. mas, itu setelah melakukan pembayaran apa langsung bisa diambil buku pelautnya atau nunggu lagi? dan apa nomor yang diperoleh setelah mengambil foto untuk mengkonfirmasi pembayaran berlaku untuk semua syahbandar? trimakasih.

    1. Itu tergantung dari Syahbandarnya. Karena banyak para pelaut yang membuat buku pelaut online. Sebaiknya BrooGO Hilmi datang ke Syahbandar seminggu atau dua minggu setelah pembayaran.
      Untuk nomor konfirmasi tersebut, saya peroleh saat membuat buku pelaut online di Syahbandar Tanjung Priok. Jika BrooGO Hilmi membuatnya di tempat lain,coba tanyakan ke petugasnya.

      Semoga membantu ya.

  2. Sy kan mau merubah data dan identitas dibuku pelaut sy, karna penulisan nama tdk sesuai di passport, dan itu diminta surat pernyataan pribadi, mohon dijelaskan bagaimana contoh dari surat pernyataan tersebut.
    Tolong balas k email sy,
    indahin1989@gmail.com

    1. Maaf saya tidak bisa memberi contoh nya. Karena saya belum pernah melakukan perubahan data. Solusinya, coba cari di internet contoh surat pernyataannya.

      Terima kasih.

  3. mas mau nanya, kalau sertifikat kesehatannya kita datang aja ke kkp tanjung priok bilang mau bikin sertifikat kesehatan untuk buku pelaut atau gimana? mohon petunjuknya

    1. Iya datang ke KKP Tanjung Priok, bilang kalau BrooGO Yuki mau medical untuk buku pelaut. Mereka sudah tahu dan banyak yang medical disana Broo.

      Semoga membantu ya dan segera punya buku pelaut online

  4. Kenapa ya email info tagihan ndak ada masuk emailnya. Setelah ke syahbandar makassar ke sana katanya emailnya harus diperiksa di warnet kalo di hp tdk bisa katanya. Kemudian petugas memberikan kode billing dan saya kemudian membayar. Saya tunggu email untuk pengambilan buku pelaut selama 4 minggu ndak ada yang masuk masih disuruh periksa lagi di warnet jangan di hp. Apakah memang seperti itu??Ada

      1. Saya mengalami hal yang sama dengan pak andi tanrawali,ada masuk di akun pelaut saya tertuli code billing sama tanggal batas pembayarannya,apakah saya sudah boleh membayar ke bank,mohon infonya sekian terimakasi

  5. Mas, saya bikin 2 kesalahan pas registrasi.

    1. Saya dinyatakan blm punya buku pelaut, pdhl sudah punya.

    2. Saya salah pilih lokasi sahabat.
    harusnya jakarta, jadinya ke pontianak.

    Pdhl saya dijadwalkan ke sahbandar selasa tgl 3okt.

    Kira2 Gmn solusinya ya…terimakasih

  6. Arahan….
    Sya sudah membayar biling di bank,
    Stlah itu bukti pembayaran sya sudah di serahkan ke pihak sahbandar….
    Ttp pihak sahbandar msh blm bisa mencetak buku pelaut saya….
    Tahapan apa lagi yang harus lakukan…

  7. Bang.. bagaimana kalau setelah melakukan pembayaran tp tidak juga mendapatkan email balasan kalau sudah membayar .. padahal kan untuk mengambil buku pelaut syaratnya ada bukti transfer sama print email balasan.. terimakasih

    1. Yang penting ada bukti transfernya Broo. Nanti pada saat pengambilan, dua atau tiga minggu setelah bayar bawa bukti transfer tersebut sama kertas untuk pengambilan buku pelaut.

      Semoga membantu ya.

    1. BrooGO Irwan tunggu seminggu lagi. Jika masih belum dapat email juga, langsung saja datang ke Syahbandar sambil membawa bukti pembayarannya.

      Semoga membantu dan segera mempunyai buku pelaut online ya.

  8. buku pelaut sy yg lama diminta saat mendaftar untuk membuat buku pelaut online ini. dan dalam keterangan tsb buku pelaut online akan jadi dalam waktu beberapa hari. seandainya sy harus berlayar namun buku pelaut tsb belum jadi, apakah sy tidak boleh ikut dan harus menunggu hingga buku pelaut tsb jadi? mohon dijawab. terimakasih sebelumnya

    1. Buku pelaut merupakan dokumen penting milik pelaut yang harus dibawa saat berlayar.
      Untuk kasus BrooGO Yudi sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke perusahaan tempat BrooGO bekerja.

      Semoga buku pelaut online nya jadi tepat waktu dan bisa bertugas kembali ya.

  9. Salam hormat, maaf mau tanya mengenai buku pelaut online ini;
    1. Untuk yg sudah punya buku pelaut sblmny syarat utama untuk buku pelaut online apa saja?
    2. Surat keterangan sehat apakah bisa di buat di Rumah Sakit Umum daerah?
    3. Apakah bentuk fisik buku pelaut online ini sama dgn buku pelaut lama?
    Atas jawaban nya terimakasih banyak, semoga anda diberkahi.

    1. Salam hormat juga BrooGO Nasser, semoga buku pelaut online nya segera jadinya. Berikut jawaban dari semua pertanyaan BrooGO ;
      1. Jawaban no. satu ada dalam artikel diatas pada keterangan Setelah tahapan kedua membuat buku pelaut online. Jadi, silahkan dibaca kembali. Hanya untuk SKCK tidak diwajibkan bagi yang sudah mempunyai buku pelaut lama.
      2. Surat keterangan sehat hanya dari rumah sakit yang direkomendasi oleh pihak syahbandar. BrooGO bisa tanya ke petugas syahbandar.
      3. Bentuk fisik buku pelaut online sama dengan buku pelaut lama. Hanya ada sedikit perbedaan dari halaman profil pemegang buku pelaut online. Yaitu data beserta foto tidak ditempel manual. Melainkan dicetak.

      Semoga membantu ya. Kalau masih ada yang perlu ditanyakan jangan sungkan Broo.

      Salam pelaut Indonesia.

  10. halo bromin (bro admin), artikel yg sangat berguna terima kasih sebelumnya untuk bromin,
    Saya mau nanya bromin, sebelum saya menemukan artikel ini saya sudah mendatangi kantor syahbandar teluk bayur padang dan disana saya dapat penjelasan kalo penggantian buku pelaut lama menjadi buku pelaut baru yg online jadinya sama seperti buku pelaut pemula alias pengalaman yg di bukpel lama tidak dimasukkan kdalam bukpel baru yg online karna bukpel yg lama belum online dan pengalaman nya juga belum online, benarkah begitu atau ada penjelasan lain dari bromin, stu lagi bromin saya tidak menerima email untuk verifikasi akun padahal semua langkah sudah benar. Mohon penjelasannya bromin maaf panjang kayak koran, terima kasih banyak.

    1. Terima kasih juga BrooGO Bryan sudah mampir ke pelautgo.com.

      Setahu saya dan pengalaman teman juga, untuk pengalaman di buku pelaut lama akan dimasukan ke buku pelaut online jika pengalaman sebelumnya disign off. Tapi kalau cuma ada sign on ya, gak dimasukin ke buku pelaut online Broo.

      Untuk verifikasi akun, kemungkinan itu dari website pelaut.go.id nya. Jadi, saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut.

      Semoga membantu ya.

  11. Salam pelaut bromin..mo tanya untuk pengambilan buku pelaut paling lama berapa ya, saya sudah 1 bulan blum juga ada info, atau memang selama itu prosesnya…soalnya butuh cepat min

    1. Waktu saya buat dulu, dalam waktu sebulan, mulai dari registrasi sampai pengambilan buku pelaut online, sudah bisa diambil Broo.

      Kemungkinan setiap Syahbandar berbeda cepat tidak nya Broo. Jadi, tunggu email atau tanyakan langsung ke syahbandar tempat BtooGO buat buku pelaut online.

      Semoga membantu ya.

  12. Salam pelaut indonesia bro naim.
    Apakah benar jika kita punya buku pelaut lama yg belum online dan kita ingin melakukan penggantian karna sudah mati dan tidak bisa perpanjang lagi nantinya pengalaman di bukpel lama tidak bisa dicantumkan di bukpel online karna pengalaman dan bukpel lama nya belum online. dan jadinya kita terpaksa bikin bukpel baru tanpa penglaman yg online, bgitu yg saya dengar dri petugas syahbandar teluk bayur padang. Dan saya coba untuk klik di menu permohonan penggantian dan saya dapat notif “tidak bisa membuat permohonan penggantian, anda belum punya buku pelaut”
    Gimana ini min mohon pencerahannya..

    1. Salam pelaut Indonesia BrooGO Bryan.

      1. Jika pengalaman di buku pelaut lama ingin dimasukkan ke buku pelaut online. Maka, pengalaman di buku pelaut lama tersebut harus ada sign on dan sign off nya.

      2. Saat BrooGO membuat permohonan penggantian buku pelaut keluar notifikasi seperti itu. Karena BrooGO belum pernah buat buku pelaut online sebelumnya.

      Langkah:
      Datang ke Syahbandar untuk perpanjang buku pelaut lama. Jangan lupa sign off juga.
      Buat buku pelaut online. Lakukan registrasi permohonan buku pelaut online.

      Semoga membantu Broo.

    1. Silahkan BrooGO Herbet mengajukan permohonan pembuatan buku pelaut online pada pelaut.dephub.go.id. Caranya sudah saya jelaskan di artikel lain.

      SKCK diperuntukan bagi pelaut baru yang belum pernah punya buku pelaut sebelumnya Broo.

  13. Om
    Siang…dr kmrn tinggal verifikasi account kok tdk bs yaaa alias tdk konek..dr malam sy coba sampai siang ini jg
    Dan apakah buat seaman book hrz validasi bst dl kah??

  14. Salam hormat pak.. Saya kemarin sdh selesai tahap 1&2 dan tinggal menunggu penagihan pnbp keluar di email,
    1 brapa lama muncul penagihan pnbp setelah slesai thap 1&2 dan apa kah bisa diambil buku pelautnya kalo sdh transfer pembayaran pnbp?
    Terimakasih

    1. Salam hormat juga BrooGO Aji

      Info tagihan PNBP biasanya 1-2 minggu setelah pengambilan foto (Syahbandar Tanjung Priok), kalau di tempat lain saya tidak tahu.

      Pastikan cek email terus. Kalau sudah ada tagihan langsung bayarkan. Minggu depannya (jaga-jaga aja spy tidak bulak-balik) BrooGO bisa ke Syahbandar untuk ambil buku pelaut online nya.

      Semoga membantu ya Broo.

  15. Mas bro saya sudah mengikuti langkah2 dan sudah sampe tahap pengambilan foto..tinggal tahap pembayaran..yg jadi masalah.ko invoice kode nya blum di kirim2 ke email saya..saya mengajukan hari jum’at sekarang selasa.harus gimana donk ini mas bro.

    1. Untuk info penagihan PNBP biasanya 1-2 minggu setelah pengambilan foto Broo.

      Sabar aja Broo. Nah kalau sudah dikirim langsung dibayarkan aja.

      Semoga membantu ya Broo

  16. Maaf gan mau tanya ini
    Jika bukpel lama mau di jadikan bukpel online,apa bukpel lama dikembalikan ya?atau yg bukpel lama hanya diubah dijadikan online dengan tetap memakai bukpel lama
    Makasih gan ditnggu jawabn nya

  17. Mohon ijin,code billing saya sudah terbit,cara pembayarannya bangaimana,dan setelah sudah pembayaran apa buku pelaut sudah langsung jadi atau tunggu proses lagi bang sekian terimakasi

  18. apakah bank btn bisa membayar buku pelau online
    jika tdak adak ada pada bank yang di tunjuk harus membayar ualang?

  19. bang gan, buku pelaut saya sudah jadi, tapi tinggi badan saya salah input, saya sadar waktu sampai rumah.
    kalo buat ganti data gimana caranya yah?
    makasih.

  20. Bro mau tanya dong. Saya sudah bayar buku pelaut di Kantor Pos. Tetapi bukti pmbayarannya hilang entah dimana. Apakah bisa menggunakan bukti pmbayaran yg dikirim melaui email tsb?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *