Pelaut Ini Menjadi Tukang Sampah Yang Kaya Raya

Memangnya ada tukang sampah yang kaya raya? lalu, apa yang ada dalam benak BrooGO begitu melihat atau mendengar kata sampah? Pasti yang tepat untuk mewakili kata itu adalah jorok, ya kan? Kemudian, seandainya salah satu dari teman BrooGO ternyata berprofesi sebagai tukang sampah? Akan mencibir kah? dengan maksud merendahkan. Bahkan mungkin tidak mau lagi menjadi temannya? Sambil berkata “ko mau ya kerja yang jorok”.

Berbarengan dengan itu, teman BrooGO yang lain mengatakan kalau dia, orang yang selama ini mendapat cibiran dari temannya sendiri yaitu BrooGO adalah seorang tukang sampah yang kaya raya. Apa yang akan BrooGO katakan? Pasti tidak akan menyangka dan akan merasa malu karena sudah menganggap remeh teman sendiri, sambil berkata ” wow hebat banget dia ya”, betul?

Baiklah, disini saya tidak bermaksud untuk membuka aib atau sifat jelek BrooGO yang suka merendahkan profesi orang lain. Tidak juga mengatakan kalau tukang sampah merupakan profesi rendahan. Karena sebenarnya mereka lah yang membuat lingkungan sekitar kita bersih, rapi, dan sehat. Dan sudah menjadi sesuatu yang tidak aneh lagi, seandainya banyak orang yang menjadi kaya raya dan menggantungkan hidupnya dari sampah. Setuju?

Jadi, siapakah sebenarnya orang itu? Orang yang sanggup menghidupi keluarganya dengan sampah. Orang yang sudah mendapatkan banyak uang dari sampah yang dia kumpulkan.

Mau tahu siapa orang nya? Baca kisah pelaut di bawah ini yang menjadi tukang sampah yang kaya raya dengan penghasilan diatas Rp.10 juta.

Order dari Foreman

Sebagai crew Engine Department di kapal pesiar, saya bersama teman-teman mendapatkan order atau perintah menyelesaikan pekerjaan dari supervisor kami yaitu Foreman. Setiap hari kami berkumpul di workshop untuk menerima order dari Foreman, dimana orderan tersebut berasal dari First Engineer yang setiap hari memberikan pekerjaan kepada kami melalui Foreman.

Jenis pekerjaan yang kami terima, bisa sama atau berbeda dengan jenis pekerjaan di hari sebelumnya. Semua itu terserah Foreman yang akan memilihkan jenis pekerjaan untuk kami. Beberapa pekerjaan yang biasa kami kerjakan diantaranya :

1. Cleaning

  • General Cleaning
  • Cleaning of Engine Filter
  • Cleaning of Sea Water Strainer
  • Cleaning of Scrubber Filter
  • Cleaning of LT Cooler
  • Dll

2. Painting

  • Mengecat Railling
  • Mengecat Lantai
  • Mengecat Pipa
  • Mengecat Tank Top
  • Mengecat Tangga
  • Dll

3. Loading

  • Loading Pipa
  • Loading Chemical
  • Loading Sparepart Mesin
  • Loading Oli
  • Loading Tabung Oksigen, Argon, Nitrogen
  • Dll

Begitupun order mengumpulkan sampah di ruang mesin. Foreman akan memilih salah satu dari kami untuk mengerjakannya. Jadi, pada saat itulah kami akan menjadi si tukang sampah yang kaya raya dengan penghasilan diatas Rp.10 juta. Wuih hebat ya!

Macam-macam Sampah di Engine Room

Berikut adalah macam-macam sampah yang ada di kamar mesin, yang setiap hari pada sore hari akan diambil oleh salah satu dari kami, yang sudah menerima order dari foreman untuk menjadi si tukang sampah :

1. Kain Majun / Oily Rag

Kain majun merupakan potongan kain (baju, kaos, handuk atau seprei) bekas yang sudah rusak atau tidak layak pakai. Kemudian akan kami gunakan untuk membersihkan / soapy-soapy area kamar mesin. Seperti : Compressor Provision Room, Auxiliary Room, Aft Engine Room, Forward Engine Room, Purifier Room, Evaporator Room, AC Room, Aft Sewage Room, Forward Sewage Room, dan Potable Water Room.

Info : soapy-soapy adalah kegiatan atau pekerjaan membersihkan area kamar mesin dengan menggunakan sabun dan kain majun 

Dari pekerjaan soapy-soapy tersebut, kain majun lebih banyak digunakan untuk membersihkan oli saat maintenance atau overhoul engine. Kain majun bekas akan dibuang ke dalam oily waste can yang ada di setiap ruangan di kamar mesin.

2. General Waste

Selain oily rag, sampah yang ada di kamar mesin dikelompokkan kedalam sampah umum atau general waste. Yang termasuk kedalam general waste adalah : kertas, karton, plastik, kabel bekas, sarung tangan karet, sarung tangan kulit, ampelas, isolasi pipa, dan lain-lain. Semua sampah tersebut dibuang ke dalam general waste bin yang ditempatkan berdekatan dengan oily waste can.

3. Kaleng Cat

Kaleng cat bekas tidak dianjurkan untuk dibuang, sebelum cat yang ada didalamnya sudah benar-benar kering. Ini untuk menghindari terjadinya kebakaran saat ada percikan dari mesin gerinda, percikan api saat pengelasan, atau sumber api lainnya.

4. Jerigen Chemical

Penggunaan chemical untuk Engine Department sangat banyak sekali. Seperti Enviroclean yang paling sering kami gunakan untuk soapy-soapy, Disc Clean untuk membersihkan disc atau piringan filter Purifier, Multivap untuk Evaporator, dll.

Langkah: sebelum diserahkan ke bagian penanganan sampah untuk dihancurkan di Shredder atau mesin penghancur. Jerigen-jerigen tersebut kami bilas terlebih dahulu diruangan cuci filter (washing room). Setelah bersih, label dan MSDS yang menempel di jerigen tersebut dibuang.

Info : MSDS ( Material Safety Data Sheet) adalah sebuah keterangan yang memberikan informasi mengenai nama chemical, bahaya yang bisa terjadi terhadap manusia, cara penggunaan, dan PPE (Personal Protective Equipment) yang harus digunakan.

tukang sampah yang kaya raya
Buanglah sampah pada tempatnya

Yang Diperlukan Saat Mengumpulkan Sampah

1. Kantong Plastik Sampah

Semua sampah yang ada di dalam general waste bin kamar mesin akan dikumpulkan kedalam kantong plastik sampah.

2. Container Bin

Container bin digunakan untuk mengumpulkan semua oily rag, yang diambil dari oily waste can yang berada di setiap ruangan kamar mesin.

3. Trolley

Digunakan sebagai kendaraan untuk mengangkut general waste/sampah umum yang sudah dimasukkan kedalam plastik maupun oily rag yang dimasukkan kedalam container bin.

4. PPE (Personal Protective Equipment)

PPE yang digunakan saat menjadi tukang sampah adalah :

  • Sarung tangan karet, untuk mengambil oily rag
  • Apron / celemek, dipakai saat membilas jerigen bekas chemical
  • Kaca mata, melindungi mata agar tidak terkena kotoran saat membilas jerigen bekas chemical

Setelah semua oily rag yang berada di kamar mesin berhasil dikumpulkan kedalam container bin. Langkah selanjutnya adalah menuangkan oily rag tersebut kedalam drum khusus. Sementara untuk general waste, dibawa langsung ke bagian penanganan sampah untuk disortir.

Jadi, menjadi tukang sampah bukanlah profesi saya yang sebenarnya. Itu merupakan salah satu job order yang diberikan Foreman kepada saya dan teman-teman, yang dikerjakan setiap hari pada waktu sore. Karena general waste bin maupun oily waste can tersebut, harus selalu dalam keadaan kosong saat malam hari.

BrooGO tertarik untuk menjadi tukang sampah yang kaya raya dengan penghasilan diatas 10 juta perbulan? Caranya mudah saja :

  1. JANGAN merasa malu untuk MENJADI pemungut SAMPAH
  2. JANGAN menjadi orang yang SOMBONG banyak harta
  3. Cari PEKERJAAN dengan GAJI diatas Rp.10 JUTA

Bagaimana, sudah siap menghirup aroma sampah? Kalau sudah siap, yuk lihat saya saat berpose dengan mereka (red: sampah).

tukang sampah yang kaya raya1
Diperagakan oleh model Profesional

Tulisan Pelaut GO lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *