Penyebab Stress Pada Pelaut

Mengalami stress pada pelaut

Mengalami Stress

Pelaut merupakan profesi yang membutuhkan kondisi fisik dan mental yang kuat. Karena sering dihadapkan pada keadaan dan situasi yang tidak terduga. Seperti kebakaran, kebocoran lambung kapal, bad weather (seperti badai atau ombak yang besar) dan keadaan emergency lainnya. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan para pelaut mengalami beban pikiran yang akan memengaruhi kondisi kesehatannya. Yang akhirnya para pelaut bisa mengalami stress.

Kalau para pelaut sudah mengalami stress di kapal, dikhawatirkan dapat mengganggu pekerjaan dan aktifitas mereka. Seandainya pelaut tersebut terus-terusan seperti itu, maka perusahaan yang mempekerjakan mereka pun tidak akan tinggal diam. Para pelaut yang mengalami stress bisa saja dipulangkan kalau sudah berani melanggar peraturan yang berujung pada kerugian perusahaan.

Seperti yang pernah saya alami pada tahun 2015 di kapal MS. Eurodam. Ketika itu ada salah seorang crew Lido Restaurant yang mengalami stress. Mungkin dia terlalu memikirkan pekerjaannya. Dengan tingkat pressure yang tinggi dia tidak bisa mengatur emosi dan pikiran sehingga semuanya terasa berat. Ujung-ujungnya mengalami stress di kapal. Tidak sampai sebulan dia pun dipulangkan karena tidak mau bekerja layaknya seorang crew.

Kalau sudah seperti itu siapa yang rugi? Tentu pelaut itu sendiri, kan?

Agar hal itu tidak terjadi pada BrooGO, sebaiknya BrooGO mengetahui jenis stress yang bisa menghancurkan hidup pelaut, apa saja yang menyebabkan pelaut menjadi stress di kapal dan bagaimana solusinya.

Pengertian dan Macam-Macam Stress

Pengertian Stress

Stress adalah keadaan psikologis manusia yang merasa tertekan karena beban hidup yang ada. Seperti masalah ekonomi (terlilit hutang, penghasilan yang tidak menentu), masalah pernikahan (hubungan yang kurang harmonis, sedang menghadapi perceraian, perselingkuhan), masalah di tempat kerja (pressure dari atasan, teman kerja yang tidak asyik) dan lain-lain. Semua itu bisa membuat orang menderita jika tidak bisa menyikapinya.

Macam-Macam Stress

Stress berdasarkan jenisnya digolongkan kedalam dua macam. Yang pertama adalah Eustress dan yang kedua adalah Distress.

1. Eustress

Eustress adalah jenis stress positif. Orang yang mengalami stress ini akan berusaha menjadi lebih baik lagi, mereka tidak akan merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Salah satu ciri atau karakter pelaut yang jika mengalami stress positif atau eustress, dia akan bersikap seperti berikut :

  • Selalu melihat masalah dari segi positif
  • Tidak suka berpaling dari masalah
  • Selalu berusaha menyelesaikan masalahnya dengan baik
  • Cepat bangkit kembali jika tersandung dalam masalah, “move on

Meskipun BrooGO mengalami stress, semoga termasuk stress yang positif atau dikenal dengan istilah Eustress.

Mengalami stress pada pelaut.

2. Distress

Jenis stress yang kedua yaitu Distress atau stress negatif. Orang yang mengalami stress jenis Distress akan melakukan hal-hal negatif yang bisa membahayakan dirinya sendiri lebih-lebih orang lain. Distress bisa menyebabkan keadaan penderitanya semakin terpuruk bahkan bisa sampai depresi.

Oleh sebab itu, setiap pelaut harus bisa menghindari stress negatif atau distress. Sehingga mereka tidak melakukan sesuatu yang fatal yang akan merugikan dirinya sendiri. Seperti hal-hal berikut :

  • Melakukan perbuatan kriminal
  • Melakukan perbuatan asusila
  • Menyiksa diri sendiri bahkan sampai nekad bunuh diri
  • Dan perbuatan yang melanggar norma lainnya

Apa Yang Menyebabkan Pelaut Mengalami Stress?

Berdasarkan sumbernya, yang mengakibatkan pelaut mengalami stress saat bekerja dikapal ada tiga. Yaitu pelaut bisa mengalami stress yang diakibatkan oleh dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan. Dengan mengetahui sumber penyebab stress pada pelaut, maka akan lebih mudah untuk mengantisipasi kondisi tersebut, sehingga terhindar dari stress.

Berikut adalah ketiga penyebab pelaut mengalami stress berdasarkan sumber nya :

1. Stress Yang Berasal Dari Diri Sendiri

Pelaut merupakan pribadi unik. Karena setiap orang dilahirkan dalam keadaan yang berbeda, baik fisik maupun mentalnya. Oleh karena itu, sifatnya pun berbeda antara pelaut yang satu dengan pelaut lainnya. Ada pelaut yang tidak peduli seberat apapun masalah dia tetap saja enjoy. Namun, parahnya ada pelaut yang selalu menganggap masalah berat untuk diselesaikan.

Biasanya pelaut dengan karakter seperti itu, memiliki sifat yang cenderung lebih gampang terkena stress saat di kapal seperti dibawah ini :

a. Pendiam atau Tertutup

Seorang pelaut yang pendiam atau tidak suka cerita kepada orang lain mengenai masalah yang sedang dihadapi, akan lebih mudah untuk mengalami stress dibanding dengan orang yang terbuka. Pelaut dengan sifat seperti ini akan memendam setiap masalahnya, baik masalah pribadi, masalah di keluarga ataupun dengan teman di lingkungan kerja.

Pelaut dengan karakter pendiam atau tertutup, tanpa sadar dia menumpuk setiap masalah, yang akhirnya akan menguras pikiran dan bisa membuatnya stress.

Jika BrooGO termasuk pelaut yang pendiam, cobalah untuk lebih terbuka dan jangan memendam sendiri masalah berat yang sedang dialami sehingga pikiran akan menjadi lebih tenang.

b. Pendendam

Dendam bisa diartikan mencoba untuk membalas atas apa yang telah orang lain lakukan terhadap kita. Biasanya lebih kepada perbuatan buruk. Orangnya disebut sebagai pendendam.

Seorang pendendam akan berusaha melakukan apapun terhadap orang yang sudah menyakitinya, agar orang tersebut bisa merasakan apa yang dia rasakan. Bahkan seorang pendendam akan lebih kejam dari yang orang lain perbuat terhadapnya. Jika dendamnya belum terbalaskan, seorang pendendam akan terus merasa tersakiti. Dan itu akan menguras tenaga dan pikirannya. Sehingga bisa menimbulkan stress yang sangat berat.

Saya yakin BrooGO tidak termasuk orang dengan karaktek pendendam, betul?

c. Tidak Ikhlas

Agar hidup lebih tenang dalam segala situasi dan kondisi, jadilah pelaut yang ikhlas. Dengan ikhlas BrooGO akan lebih menerima problematika kehidupan dengan lapang dada. Namun, bagaimana jika sebaliknya, BrooGO tidak ikhlas dengan apa yang sudah diraih atau dimiliki selama ini? Tentu akan terus merasa kurang dan menjadi beban pikiran. Ujung-ujungnya BrooGO bisa mengalami stress yang berkepanjangan.

Dengan ikhlas pulalah, BrooGO akan terhindar dari sifat pendendam, setuju?

2. Stress Yang Diakibatkan Oleh Orang Lain

Penyebab kedua yang bisa mengakibatkan pelaut mengalami stress adalah orang lain. Sebagai makhluk sosial pelaut senantiasa berhubungan dengan orang lain. Baik di rumah, di kantor, di perjalanan maupun di tempat kerja. Oleh karena itu, mereka juga bisa menjadi salah satu penyebab stress pada pelaut.

Dibawah adalah orang-orang yang bisa menjadi sumber atas penyebab pelaut mengalami stress :

a. Keluarga

Keluarga merupakan harta yang sangat berharga bagi pelaut. Yang termasuk kedalam keluarga diantaranya orang tua, istri, anak, dan saudara. Merekalah yang memberikan dukungan dan membangkitkan semangat bagi para pelaut saat bekerja. Keluarga selalu ikhlas membantu setiap permasalahan yang dihadapi pelaut. Oleh karena itu, begitu pelaut jauh dari mereka akan menumbuhkan rasa kangen yang sangat besar.

Sehingga, para pelaut akan galau begitu tahu keluarga tercintanya sedang dalam masalah. Terlebih lagi seandainya pelaut tersebut sedang bermasalah dengan keluarga sendiri. Dia akan lebih galau lagi bahkan bisa mengalami stress yang hebat.

Jadi, jika BrooGO tidak ingin stress. Jagalah hubungan baik dengan keluarga BrooGO.

b. Teman atau Sahabat

Selain keluarga, teman atau sahabat, baik teman di kapal maupun teman di rumah, mereka juga bisa menyebabkan pelaut mengalami stress. Teman yang baik bisa menjadi tempat curhat bagi para pelaut. Tapi teman yang jelek akan membuat pelaut kurang semangat kerja. Bahkan bisa menimbulkan konflik yang akhirnya para pelaut itu tidak bisa terhindar dari stress.

Oleh karena itu, agar tidak ikut menderita stress, jaga perasaan teman, bantu mereka jika membutuhkan bantuan, jadilah pelaut yang baik. Sehingga BrooGO akan mendapatkan teman yang baik pula.

c. Atasan

Seorang atasan yang kurang baik atau arogan bisa ikut andil dalam menyebabkan pelaut mengalami stress. Mereka selalu menuntut hasil yang maksimal tanpa memerhatikan kondisi pelaut. Tidak jarang para pelaut menerima perlakuan yang tidak enak dari atasannya. Bahkan, seandainya para pelaut ini tidak mendengarkan atau melawan seorang atasan arogan, dia akan terus diberikan pekerjaan yang berat.

Jika BrooGO mempunyai atasan seperti itu, berusahalah untuk bekerja semaksimal mungkin dan jaga hubungan baik dengan dia agar terhindar dari konflik antara atasan dan bawahan. Dengan seperti itu, BrooGO tidak akan mengalami stress.

Menurut BrooGO, cara apalagi yang tepat untuk menghadapi seorang atasan arogan?

3. Stress Yang Diakibatkan Oleh Keadaan Lingkungan

Yang terakhir penyebab pelaut mengalami stress yaitu keadaan lingkungan sekitar. Lingkungan disini bisa lingkungan rumah ataupun lingkungan pekerjaan.

a. Lingkungan Rumah

Rumahku adalah surgaku, “home sweet home“.

Apakah ungkapan itu sudah mewakili rumah BrooGO? Jika belum berhati-hatilah karena rumah yang berantakan bisa menyebabkan BrooGO mengalami stress. Bagaimana tidak? Saat BrooGO sedang bekerja di atas kapal, yang diingat tentu adalah keluarga. Jadi, begitu masa kontrak habis yang ada dalam bayangan BrooGO adalah kehangatan dalam keluarga, rumah nyaman dan lingkungan sekitar rumah bersih.

Namun, sesampainya BrooGO di rumah ternyata bayangan itu sirna begitu melihat rumah yang berantakan, keluarga banyak masalah, samping rumah yang jorok dan tidak sehat. Dalam kondisi seperti itu dijamin BrooGO akan mengalami stress kembali. Karena surga yang diimpikan saat di kapal jauh dari kenyataan.

b. Lingkungan Pekerjaan

Semua orang menginginkan pekerjaan yang baik secara keuangan dan lingkungan. Begitu pula pelaut yang mengharapkan penghasilan yang besar dengan lingkungan pekerjaan yang enak dan nyaman agar tidak ikut mengalami stress.

Lalu seperti apa kriteria pekerjaan yang enak dan nyaman? Berikut empat diantaranya :

  • Teman kerja yang baik (bisa bekerja sama, tidak suka menghujat atau menjilat atasan)
  • Atasan yang baik (mempunyai skill yang mumpuni dalam pekerjaan, tidak arogan atau semena-mena terhadap bawahan, bersikap adil terhadap semua bawahan)
  • Tools atau peralatan lengkap (bekerja dengan alat yang kurang lengkap bisa menyebabkan frustasi dalam bekerja)
  • Gaji yang besar (sesuai dengan pekerjaan)

Oleh karena itu, jadilah pelaut yang tahu bagaimana caranya agar terhindar dari stress. Untuk itu BrooGO bisa mengikuti saran Pelago dibawah ini.

Bagaimana Solusinya Agar Pelaut Tidak Mengalami Stress?

Seperti yang sudah Pelago jelaskan diatas, bahwa seorang pelaut dengan kehidupannya yang serba unik, sangat rentan sekali terhadap stress. BrooGO akan mudah mengalami stress yang disebabkan diri sendiri, orang lain maupun yang disebabkan oleh lingkungan kerja BrooGO. Namun jangan khawatir, BrooGO bisa menghindarinya dengan melakukan 7 hal yang biasa Pelago lakukan saat berada di kapal. berikut ketujuh hal yang bisa BrooGO lakukan agar tidak mengalami stress di kapal :

1. Pandai Mencari Hiburan

Pelaut yang hebat akan selalu mencari solusi untuk setiap permasalahan hidupnya. Tidak ada satu masalah pun yang berdiri tanpa solusi. Oleh karenanya, menghibur diri merupakan salah satu solusi tepat agar tidak terlena dalam permasalahan yang ada, yang bisa mengakibatkan pelaut menjadi stress.

Lalu, hiburan apa yang cocok untuk pelaut? BrooGO bisa melakukan hal berikut :

  • Menonton film terbaru atau film komedi
  • Mendengarkan lagu favorit
  • Bermain game
  • Bernyanyi atau karaoke
  • Internetan atau upload foto terbaru di facebook

Hiburan menarik apalagi yang menurut BrooGO bisa dilakukan untuk menghilangkan stress?

2. Berolah Raga

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

Ungkapan diatas saya rasa sangat tepat buat pelaut yang tidak ingin mengalami stress saat di kapal. Tidak ada seorangpun yang tidak ingin memiliki badan yang sehat. Sehingga semua orang melakukan berbagai cara agar tubuh nya tetap sehat. Seperti dengan minum vitamin, mengonsumsi makanan sehat, hidup dengan cara sehat serta melakukan olah raga sehat.

Nah, agar BrooGO tetap dalam kondisi yang fit, rajin berolahraga secara teratur merupakan langkah nyata dalam menjaga tubuh dan menjauhkan diri dari stress.

3. Jalan-Jalan

Bagi pelaut yang mempunyai hobi jalan-jalan, bekerja di kapal pesiar sangatlah cocok buat BrooGO. Selain bisa mendapatkan uang hasil kerja di kapal, BrooGO juga bisa menyalurkan hobi dengan jalan-jalan keliling dunia. Dengan jalan-jalan BrooGO akan melihat sesuatu yang baru dan mendapatkan pengalaman baru. Sehingga otak dan pikiran menjadi tenang kembali setelah capek bekerja.

Dengan otak dan pikiran yang fresh, Pelago yakin kalau BrooGO akan terhindar dari stress yang biasa dialami oleh pelaut saat berada di kapal.

4. Shopping

Saat kapal sedang sandar di negara yang menurut BrooGO bagus untuk dijelajahi. Jangan sekedar jalan-jalan melihat pemandangan atau situasi baru. Mampirlah di toko atau mall terdekat untuk shopping. BrooGO bisa membeli souvenir, baju, celana, sepatu dan lain-lain yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga atau pacar di rumah.

Dengan cara shopping BrooGO juga bisa mengatasi stress yang sedang BrooGO rasakan. Karena shopping adalah kegiatan yang menyenangkan selama tidak sampai menguras isi dompet.

5. Istirahat Yang Cukup

Dengan istirahat yang cukup akan membuat semua otot yang tegang kembali rilex, pikiran dan emosi akan lebih terkontrol. Kalau diibaratkan tubuh kita adalah sebuah mesin kapal. Lalu mesin itu dipakai secara terus menerus tanpa perawatan yang baik, maka lambat laun akan hancur yang akhirnya overhoul. Begitu pula tubuh manusia yang diciptakan dalam keadaan sempurna. Dia perlu diistirahatkan dengan cukup dan tentunya berkualitas.

6. Menghubungi Keluarga Di Rumah

Cara mengatasi stress pada pelaut selanjutnya yaitu dengan menghubungi keluarga. Cobalah telepon istri atau suami bagi yang sudah menikah, orang tua atau pacar bagi yang masih single. Ceritakanlah kepada mereka seandainya BrooGO mempunyai masalah di kapal. Mereka akan dengan senang hati membantu mencarikan solusi.

Selain menelepon, BrooGO bisa menghubungi mereka melalui media sosial. Seperti Facebook Massanger, Whatsapp, BBM, Line, IMO dan sebagainya.

BrooGO tidak perlu mengonsumsi obat penenang agar tidak mengalami stress. Karena keluarga yang harmonis merupakan obat yang paling mujarab dalam mengobati segala macam penyakit pelaut.

Mengalami stress pada pelaut1

7. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT.

Yang terakhir dan yang paling penting dalam mengatasi stress bagi para pelaut adalah dengan menjadi hamba yang taat. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. BrooGO akan dijauhkan dari perasaan galau, jenuh karena pekerjaan, bosan pada situasi kapal, dan lain-lain. Sehingga BrooGO akan tetap semangat bekerja demi harapan dan cita-cita keluarga.

Simpulan :

Bekerja di kapal sebagai pelaut memang sangat rentan sekali terhadap stress. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan kalau penyakit pelaut itu cuma ada dua. Yang pertama pelaut akan mengalami stress dan yang kedua mati (pelaut yang mengalami stress tingkat dewa atau stress nya sudah parah).

Kabar baiknya, selama BrooGO bersikap baik saat di kapal dan selalu berfikir postitif, BrooGO tidak akan mengalami stress sampai harus “nangis darah“.

Begitu juga buat para orang tua, istri, saudara atau pacar pelaut. Jangan khawatir orang yang dicintainya akan menderita stress dikarenakan profesinya itu. Rawatlah hubungan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Agar para pelaut tidak semakin terbebani dengan permasalahan yang ada sehingga jauh dari stress.

Pelago teringat akan perkataan istri seorang pelaut. Kalau dia disana baik, maka saya pun disini akan baik-baik saja. Jadi, jika BrooGO tidak ingin mengalami stress, kenali diri sendiri dan lakukan satu atau lebih langkah-langkah diatas. Sehingga BrooGO bisa bekerja di kapal dengan tenang.

Selamat mencoba!

Tulisan Pelaut GO lainnya

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *