Wisata Murah Di Luar Negeri Dengan Mengendarai Sepeda Part 1

Wisata murah di luar negeri.

Mungkin kalimat itu pernah ada di benak BrooGO. Baik itu yang bekerja sebagai karyawan pabrik, penjaga toko, pemilik restoran, bos peternakan, tuan tanah, dan berbagai profesi lainnya. Kabar baiknya siapapun bisa melakukan jalan-jalan di luar negeri. Tidak peduli profesi atau pekerjaan apa dia sekarang. Namun apakah itu menjadi JAMINAN kalau BrooGO bisa jalan-jalan disana? Tentu tidak.

Keinginan untuk jalan-jalan di luar negeri bisa saja terwujud, asalkan BrooGO punya niat dan berusaha mewujudkan niat tersebut semaksimal mungkin. Seperti pemuda yang satu ini, sebut saja namanya Pelago. Dia pernah berucap kalau dia akan jalan-jalan di luar negeri. Betul saja, ucapannya itu menjadi kenyataan begitu dia menjadi seorang pelaut di salah satu perusahaan kapal pesiar, Holland America Line.

Sebagai crew di kapal pesiar, buat Pelago, jalan-jalan di luar negeri bukanlah sekadar mimpi atau isapan jempol belaka. Tapi, sudah menjadi hal biasa karena kapal pesiar tersebut memang beroperasi keliling dunia. Tergantung cruise atau tujuan berlayarnya. Oleh karena itu, buat dia, bekerja di kapal pesiar sudah termasuk wisata murah di luar negeri.

Lalu, apa yang Pelago lakukan agar bisa wisata murah di luar negeri?

Wisata murah di luar negeri 1

Wisata murah di luar negeri yang Pelago lakukan salah satunya yaitu jalan-jalan atau go ashore dengan mengendarai sepeda. Ya, dengan bersepeda Pelago bisa menghemat pengeluaran. Seperti ongkos bus atau taksi, biaya tiket kereta atau bayar sewa sepeda motor. Karena sepeda yang Pelago gunakan adalah milik perusahaan.

Info 1 : Go ashore adalah kegiatan jalan-jalan atau turun ke darat yang dilakukan oleh crew kapal.

Info 2 : Perusahaan Holland America Line meminjamkan sepeda khusus crew yang ingin jalan-jalan atau go ashore dengan bersepeda. Untuk meminjam sepeda, crew harus mengisi form peminjaman sepeda yang diperoleh dari Crew Office.

Untuk meminjam sepeda, crew tidak dikenakan biaya sepeserpun. Hanya saja, crew yang meminjam sepeda akan dikenakan uang pengganti sebesar $100 Dollars. Jika sepedanya rusak atau hilang.

Apakah BrooGO tertarik jalan-jalan di luar negeri mengendarai sepeda? Seperti yang sering Pelago lakukan saat go ashore.

Yang Harus Dipersiapkan Dalam Wisata Murah Di Luar Negeri Pakai Sepeda

Jika BrooGO tertarik untuk jalan-jalan sambil mengayuh sepeda, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan, agar kegiatan go ashore BrooGO tidak ada hambatan dan berjalan mulus. Diantaranya ;

  1. Kondisi fisik BrooGO harus FIT. Jangan memaksakan diri untuk bersepeda jika sedang sakit
  2. Kondisi sepeda OK. Jangan sampai sedang asik gowes, ehh tangan harus belepotan oli karena rantainya lepas atau slip
  3. Pakai helm SNI kalau ada. Tidak mau ditangkap polisi kan gara-gara lupa pakai pelindung kepala. Apalagi cuma pakai topi, dibalik pula pakainya. Seperti waktu Pelago bersama teman setelah belanja di Value Village Victoria, Canada. Ada seorang Bapak yang memberitahukan kami, bahwa ada orang yang bersepeda tapi tidak memakai helm. Orang tersebut mendapat sangsi dari polisi dan harus membayar sebesar $20 Dollar.
  4. Kaca mata hitam juga sangat diperlukan saat bersepeda. Selain melindungi mata dari cahaya matahari, juga agar tidak ketahuan saat melirik wanita cantik yang lewat (menghindari adanya sex harrasment)
  5. Jaket kulit made in Garut. Sebenarnya sih tidak harus buatan asli Garut. Hanya saja karena Pelago sudah order jaket kulit domba asli Garut dari teman sekolah dulu. Jadi, manfaatkan dong!
  6. Jika diluar suhunya dingin, jangan lupa memakai sarung tangan. Seperti waktu bersepeda di Victoria, suhunya dibawah 10 derajat celcius . Tapi jangan coba-coba pakai sarung tangan saat cuaca sedang panas. Seperti yang pernah Pelago pakai waktu di Swedia. Alih-alih untuk menutupi punggung tangan dari sengatan panas matahari, malah dibilang salah kostum sama bule, wex! (Salah kostum bahasa Inggrisnya bukan “saltum” kan)
  7. Selain sarung tangan, sepatu sport atau kasual wajib dipakai saat bersepeda. Lebih meyakinkan dalam mengayuh pedal sepeda kan daripada pakai sandal jepit.
  8. Bawa air minum juga tidak kalah pentingnya. Jangan biarkan haus menyerang BrooGO saat bersepeda. Bisa-bisa ditinggal rombongan loh. Air minum disini bisa air mineral, jus, susu atau soft drink, sesuai selera.
  9. Tas kecil atau backpack. Digunakan untuk bawa dompet, handphone, headset atau earphone, rokok, korek, kamera, cemilan dan air minum.

Saatnya Menggowes Sepeda. Brangkaaaaat!

Setelah semua kebutuhan dan peralatan siap, maka saatnya berangkat.

Ingat sebagai seorang pelaut yang beragama, sebelum melakukan perjalanan, baik darat, udara, maupun laut, selayaknya untuk berdoa terlebih dahulu. Agar dalam perjalanan tidak ada halangan dan rintangan yang datang menghadang.

BrooGO sudah siap? Mari berdo’a! Berdo’a mulai!

Petualangan Sepeda Ke Value Village Victoria, Canada

Semua kebutuhan dan peralatan sudah lengkap. Seperti kondisi sepeda OK, helm, jaket, sepatu, tas atau backpack, sepatu, sarung tangan (ingat, jangan sampai salah kostum yaaa…). Serta tidak lupa untuk berdo’a. Jadi, saatnya beraksi dalam petualangan seru bersama Engine Crew of Holland America Line. Dan untuk tempat tujuan dari wisata murah di luar negeri dengan mengendarai sepeda part 1 ini adalah VALUE VILLAGE VICTORIA, CANADA.

Info: Value Village adalah salah satu supermarket yang menjual barang-barang seken yang berada di Victoria, Canada. Yang dijual disana diantaranya berbagai macam pakaian (seperti jaket, sweter, kaos, celana, topi, sarung tangan), buku, dll.

Untuk mencapai tempat tujuan dalam petualangan wisata sepeda di Victoria, Canada. Kami akan melewati empat pos pemberhentian. Keempat pos tersebut yaitu :

  • Pos pertama : Ogden Point, Pier of Victoria
  • Pos Kedua : British Columbia Parliament Buildings
  • Pos Ketiga : The Empress Hotel, Downtown Victoria
  • Pos Keempat : Value Village, Victoria-Chinatown

Pos Pertama : Ogden Point, Pier Of Victoria

Wisata murah diluar negeri
“Bike To Go Ashore”, Engine Crew Team

Ogden Point, Pier of Victoria merupakan port of call yaitu dermaga tempat kapal kami sandar atau sebagai tempat persinggahan kapal. Disinilah kami akan memulai petualangan dalam wisata sepeda di Victoria, Canada. Oleh karena itu, kami tidak akan melewatkan momen-momen penting saat go ashore, lebih-lebih ini merupakan momen yang sangat tepat untuk diabadikan. Karena ini adalah awal dari petualangan wisata murah di luar negeri dengan mengendarai sepeda di Canada.

Setelah cukup puas dengan foto-foto dalam mengawali perjalanan sepeda. Kami pun berangkat dengan beranggotakan empat personil. Ayo BrooGO bantu itung mundur, dimulai dari angka 10. Kelamaan ya..? Kalau begitu dari angka 5 saja.

5…4…3…2…1. BRANGKAAAAAAAAT!

Pos Kedua : British Columbia Parliament Buildings

Wisata murah diluar negeri Gedung parlemen victoria
British Columbia Parliament Buildings

Setelah melewati beberapa persimpangan, perumahan, dan jalan raya, akhirnya kami tiba di pos kedua, British Columbia Parliament Buildings, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Kami berhenti di taman depan gedung parlement sambil menikmati indahnya pemandangan dan sibuknya lalu lintas kota. Selain itu banyak sekali kapal pesiar dari ukuran kecil sampai ukuran sedang, berada di seberang taman menambah indahnya kota Victoria.

Wisata murah di luar negeri 2
Menikmati jalan-jalan sambil foto-foto

Setelah puas melihat pemandangan sambil menghirup udara segar, saatnya melanjutkan perjalanan menuju pos ketiga yang tidak jauh dari pos kedua.

Pos Ketiga : The Empress Hotel, Downtown Victoria

Wisata murah di luar negeri Hotel Empres
The Empress Hotel Of Victoria Canada

The Empress Hotel yang diarsiteki oleh seseorang yang bernama Francis M.Rottenbury, dibangun antara tahun 1904 dan 1908. Dan sejak saat itu telah dilakukan perluasan bangunan sebanyak dua kali.

Wisata murah di luar negeri 3
Duduk santai dulu guys biar siap gowes lagi…

Pos Keempat : ValueVillage, Victoria-Chinatown

Karena tujuan dari petualangan wisata murah dengan mengendarai sepeda adalah Value Village. Maka kami pun meneruskan gowesan berikutnya menuju pos terakhir, yaitu pos keempat. Di pos terakhir ini rencananya akan belanja barang-barang seken. Ya, meskipun barang seken namun kualitasnya tidak kalah bagus dengan barang baru, asal harus pintar dan sabar dalam memilih barang-barang tersebut.

Wisata murah di luar negeri value village
pemborong barang-barang seken….

Setelah belanja barang-barang seken selesai, kami pun kembali ke kapal. Dan dalam perjalanan pulang, kami menyempatkan untuk mampir terlebih dahulu di mall dan toko-toko suvenir yang ada di pinggir jalan pusat kota. Untuk sekadar melihat-lihat barangkali ada yang ingin dibeli untuk yang terkasih di rumah.

wisata murah di luar negeri 5
Toko suvenir di downtown-Victoria

Itulah sekilas petualangan wisata sepeda club gowes MS. NIEUW AMSTERDAM. Pada tanggal 28 April 2017. Yang diprakarsai oleh empat anak muda yang gagah berani, tangguh dan perkasa. Karena kami telah berhasil menaklukkan dinginnya kota Victoria yang mencapai dibawah suhu 10 derajat celcius.

Buat BrooGO penggemar jalan-jalan sambil mengendarai sepeda. Jangan lewatkan juga petualangan Pelago berikutnya dengan tempat dan situasi yang berbeda. Dan sampai jumpa di petualangan wisata murah di luar negeri dengan mengendarai sepeda part 2.

Don’t Miss It.

Tulisan Pelaut GO lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *